Lomba pengembangan pendidikan kewirausahaan SMK berbasis web. E-commerce for millenials preneur Bali 2019.
PENYUSUN
Pengarah : Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali
PenanggungJawab : Kepala Bidang Pembinaan SMK
Ketua : Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter
Anggota
- I Nyoman Suraja Antarajaya, SE, M.MSI
- I GedeTotok Suryawan, S.Kom., M.T.
- Ni Kadek Sumiari, S.Kom., M.MSI
I. KATA PENGANTAR
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja baik untuk memenuhi kebutuhan daerah, tingkat nasional maupun internasional. Sehubungan dengan hal tersebut Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Bali menyelenggarakan kegiatan untuk memotivasi peningkatan kompetensi siswa berupa Lomba Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis WEB.
Pada tahun 2019 ini Lomba Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis WEB akan diselenggarakan pada tanggal 2 s/d 4
September 2019, bertempat di Hotel Batukaru, Denpasar. Agar pelaksanaan lomba berjalan dengan baik maka diperlukan pedoman untuk membantu semua pihak yang berpartisifasi dalam kegiatan lomba pengembangan pendidikan kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Web dan untuk mengetahui seluruh informasi terkait pelaksanaan lomba dengan baik.
Akhirnya kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Lomba Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Web tahun 2019, semoga Ida Sang Haynag Widi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmatNya kepada kita semua.
II. DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………….. ii
Daftar Isi…………………………………………………………. iii
BAB I Pendahuluan ………………………………………… 1
- Latar Belakang ………………………………………. 1
- Dasar Hukum…………………………………………. 3
- Tujuan dan Hasil…………………………………….. 4
BAB II Mekanisme Penyelenggaraan……………….. 6
- Persyaratan Peserta ……………………………….. 6
- Pendamping……………………………………. 7
- Kriteria Juri ……………………………………………. 8
- Kriteria Penilaian dan Juara……………………… 9
- Waktu dan Tempat Pelaksanaan………………. 10
- Pendanaan……………………………………… 10
- Jadwal Pelaksanaan Kegiatan………………….. 11
- Kriteria Penilaian ……………………………………. 13
BAB III Penutup ……………………………………………… 16
III. BAB I PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Di Era globalisasi saat ini, dengan persaingan hidup manusia semakin ketat dan penuh kompetisi. Oleh karena itulah mereka yang mampu bertahan adalah mereka yang kreatif dan memiliki daya inovasi yang tinggi untuk dapat merebut semua peluang dan kesempatan melalui kemampuan keterampilan sehingga dengan keterampilan yang dimiliki akan dapat mengembangkan segala potensi di dalam diri untuk dapat menciptakan kreasi dan berbagai macam produk yang dapat bermanfaat baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Seseorang yang telah memiliki kemampuan memadukan teori dan praktik untuk menghasilkan sesuatu berarti orang tersebut sudah dapat dikatakan mempunyai jiwa wirausaha. Hal itulah yang saat ini sedang diupayakan tertanam dalam diri siswa untuk dapat meraih kehidupan yang lebih baik di masa depan dengan keterampilan yang dimilikinya. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 tahun 2018, tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan SMK/MAK antara lain bahwa menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah dan mewarnai semua sisi kehidupan masyarakat, termasuk di dalamnya bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat sekarang ini sudah menjadi biasa, tidak lagi menjadi impian yang sulit diwujudkan termasuk pemanfaatannya di dunia pendidikan. Di abad teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini segala macam bentuk teknologi dan komunikasi dapat diperoleh dengan cara yang relatif mudah dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang ringkas dan canggih, dilihat dari trend perkembangan software dan hardware. Persoalan pokok yang menyangkut system informasi manajemen pendidikan bagi suatu organisasi adalah bagaimana melaksanakan system informasi manajemen pendidikan sekaligus memanfaatkannya untuk kepentingan organisasi serta pemanfaatannya dalam dunia pendidikan.
Sistem informasi manajemen berbasis web adalah system yang didesain untuk kebutuhan manajemen pendidikan dalam upaya mendukung fungsi dan aktivitas manajemen pada suatu organisasi pendidikan, sesuai dengan standar isi pendidikan yaitu system informasi manajemen berbasis web sangat bermanfaat untuk mendukung proses manajemen pendidikan. Pengenalan teknologi yang tidak secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar membangkitkan para siswa menjadi sangat terbiasa dalam memanfaatkan teknologi informasi, siswa menjadi lebih mudah mengakses informasi serta dapat berperan aktif dalam forum online yang disediakan oleh website untuk melakukan diskusi secara terbuka sesama pengunjung website. Melihat arti penting pengembangan pendidikan kewirausahaan maka Dinas Pendidikan Provinsi Bali melalui Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan menyelenggarakan Lomba Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan SMK Berbasis WEB yang nantinya dapat membangun jiwa kewirausahaan dan diharapkan akan tercipta insan cerdas, berdedikasi sebagai kader penerus dan pemimpin bangsa dimasa depan.
DASAR HUKUM
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Didik yang memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Istimewa;
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan;
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Implementasi Sistem Informasi berbasis web di sekolah
- DPA Nomor 918/001/DPA/2019 tanggal 31 Desember 2018.
TUJUAN DAN HASIL
A. Tujuan
- Menggali potensi siswa dan menumbuhkan motivasi dalam berwirausaha;
- Mendorong tumbuhnya calon wirausaha muda (siswa siswi SMK) dalam melakukan perencanaan bisnis secara matang;
- Membangun jejaring antara manajemen dengan sekolah mitra dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan;.
- Mengasah keterampilan para siswa dengan membuat dan menciptakan produk yang sesuai dengan minat dan daya beli.
- Meningkatkan daya inovasi dan kreatifitas siswa melalui pembuatan produk
B. Hasil Yang Diharapkan
- Terbangunnya karakter bangsa dan meningkatnya jiwa wirausaha muda bagi siswa siswi SMK dalam melakukan perencanaan bisnis.
- Selalu berusaha untuk berprestasi, memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan
- Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
- Menciptakan iklim belajar, bekerja, berkarya dan berpartisipasi yang menyenangkan.
- Menciptakan usaha baru, jujur dan disiplin.
BAB II. MEKANISME PENYELENGGARAAN
A. Persyaratan Peserta
- Peserta lomba adalah Siswa yang masih berstatus SMK aktif
- Peserta mendaftar secara online melalui form pendaftaran pada tautan berikut :
- Pada saat pendaftraan peserta mengunggah slide persentasi sesuai dengan template yang sudah disediakan panitia. Template dapat diunduh di link berikut :
- Website E-Commerce dibuat menggunakan Content Management System
(CMS) WordPress dengan fitur wajib :- Customize Template
- Content website terdapat beranda, profile, kontak, produk, Kebijakan dan Privasi
- Fitur shopping Chart, Shipping dan Payment
- Website yang diikutsertakan dalam lomba belum pernah dilombakan sebelumnya.
- Isi desain tidak boleh mengandung atau menggunakan elemen atau materi yang dilindungi oleh hak cipta termasuk logo, karya foto, karya grafis, merek dagang, dll.
- Isi tidak boleh mengandung pornografi ataupun SARA.
- Panitia berhak mendiskualifikasi peserta jika diketahui Hak Atas Kekayaan Intelektualnya diragukan, sedang dalam sengketa, mengambil karya orang lain, atau mendapatkan klaim dari pihak lain.
- Desain website yang dipresentasikan harus sesuai dengan yang tertera pada form pendaftaran online
- Penilain juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat
B. Pendamping
- Pendamping diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan dan memberi semangat kepada peserta.
- Panitia akan memfasilitasi akomodasi dan konsumsi.
C. KRITERIA JURI
Juri terdiri dari Ketua, Sekretaris dan anggota mempunyai tugas:
- Menyeleksi materi lomba, menentukan kriteria penilaian, menetapkan batas waktu maksimal untuk pelaksanaan lomba, menyusun daftar bahan, serta menyiapkan instruksi kerja untuk peserta;
- Mengecek keakuratan data registrasi peserta sebelum lomba dimulai;
- Melakukan penilaian, merekap hasil penilaian berdasarkan rangking dan mengumumkan peringkat kepada peserta.
- Membuat Berita Acara Pemenang yang ditandatangani dan diketahui oleh kepala bidang pembinaan SMK.
D. KRITERIA PENILAIAN DAN KEJUARAAN
KriteriaPenilaian
- Teknologi E-Commerce dinilai dari tampilan website, konten, shopping cart, Shipping dan Payment
- Pasar dinilai dari deskripsi kebutuhan pengguna, sasaran pengguna, rencana pemasaran dan pertumbuhan pasar
- Produk/Jasa dinilai dari deskripsi dan fungsi produk, manfaat dan kegunaan,
kreativitas dan inovasi - Kapasitas SDM dinilai dari mentor bisnis/manajemen, pengalaman berwirausaha dan kemampuan presentasi.
Ditetapkan 3 peringkat kejuaraan sebagai berikut:
- Juara I mendapatkan Uang Pembinaan, Piala dan Sertifikat
- Juara II mendapatkan Uang Pembinaan, Piala dan Sertifikat
- Juara III mendapatkan Uang Pembinaan, Piala dan Sertifikat.
E. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Penyelenggaraan Lomba Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Sekolah
Menengah Kejuruan Berbasis WEB dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 4 September
2019 bertempat di Hotel Batukaru Denpasar.
F. PENDANAAN
Penyelenggaraan Lomba Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan SMK Berbasis
WEB tahun 2019 dibiayai dengan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
G. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
- 01– 25 Agustus 2019 : Pendaftaran, dilakukan melalui tautan bali
- 29 Agustus 2019 : Technical meeting, bertempat di Dinas Pendidikan Provinsi Bali
- 02 – 04 September 2019 : Pelaksanaan lomba, setiap peserta mempresentasikan karya dalam slide dan demo website e-commerce
- 02 – 04 September 2019 : Penilaian, dilakukan pada saat presentasi berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan
- 04 September 2019 : Pengumuman pemenang, penentuan pemenang berdasarkan penilaian dari tim juri
JADWAL UMUM KEGIATAN
H. KRITERIA PENILAIAN
Kriteria Implemenetasi eCommerce
Kriteria Pasar
Kriteria Produk/jasa
Kriteria Kapasitas SDM
Bab III. PENUTUP
Pelaksanaan Kegiatan Lomba Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berbasis WEB Tahun 2019. Lomba ini diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi untuk terus berkarya, berinovasi dan berkreasi bagi siswa siswi sekolah menengah kejuruan.
Pedoman yang telah disusun oleh para akademisi dan praktisi yang berkompeten di bidangnya kiranya dapat membantu menjadi referensi dan petunjuk pelaksanaan bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Pada akhirnya harmonisasi dari berbagai unsur merupakan syarat mutlak terimplementasinya budaya sebagai kekuatan bangsa membangun generasi muda yang berkarakter dan beretika melalui Lomba Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis WEB.
Semoga bermanfaat bagi kemajuan pendidikan kejuruan, Selamat berprestasi dan tetap produktif.
“SMK BISA SMK HEBAT”
SIAP KERJA~SANTUN~MANDIRI~KREATIF
Dinas Pendidikan Provinsi Bali
Bidang Pembinaan SMK Alamat: Jalan Raya PuputanRenon Denpasar, 80235
Telp. (0361) 226119, 235105